Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Perkapita, dan Angkatan Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Absolut di Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2006-2015. Kemiskinan merupakan penyebab dalam pembangunan ekonomi dimana kondisi yang mempengaruhi secara dominan adalah pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, dan angkatan kerja di Kabupaten Hulu Sungai Utara.


Metode analisis ini adalah refgresi linier berganda, date Time series, dan analisis deskriptif kuantitatif yang menggunakan data bersifat sekunder. Dengan menganalisis selama 10 tahun menggunakan Uji statistik yaitu uji R-square (R2), uji simultan (uji F), uji parsial (uji T) dan Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolineritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi) yang dibantu program alat komputer e-views 9.0.


Adapun juga pengaruh secara signifikan terhadap tingkat kemiskinan absolut di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Faktor yang paling dominan mempengaruhi tinkat kemiskinan absolute adalah Pendapatan perkapita.

Rincian Artikel